Di Korsel, orang yang divaksin tak wajib pakai masker

Langkah tersebut merupakan upaya untuk mendorong kampanye vaksinasi massal.

Pejalan kaki memakai masker pelindung menyeberangi sebuah jalan di Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/5/2020), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji

Otoritas kesehatan Korea Selatan pada Rabu (26/5) menyatakan bahwa orang yang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 akan diizinkan keluar tanpa menggunakan masker mulai Juli 2021. Langkah tersebut merupakan upaya untuk mendorong kampanye vaksinasi massal.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan mengatakan, insentif itu juga termasuk pengecualian bagi larangan pertemuan lebih dari delapan anggota keluarga langsung mulai Juni. 

Bagi mereka yang menerima dua dosis, larangan berkumpul yang terdiri dari lima orang dan lebih banyak lagi akan dicabut mulai Juli.

Pelonggaran aturan dilakukan sebelum dimulainya vaksinasi untuk masyarakat umum, dimulai dengan orang berusia 65 tahun atau lebih pada Kamis (27/5).

Sekitar 60% orang dalam kelompok usia tersebut telah memastikan akan menerima vaksin Covid-19. Namun, masih banyak orang ragu untuk mendapatkan vaksinasi karena khawatir tentang efek samping dari vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca, menyusul laporan adanya pembekuan darah pada orang yang menerimanya.