Di Munich, Presiden Ukraina: Cepat kirim senjata!

Ukraina bergantung pada senjata Barat untuk menggagalkan ambisi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk merebut sebagian besar wilayahnya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto asahi/reuters

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak sekutu Barat Jumat untuk mempercepat dukungan militer mereka untuk Ukraina. Di konferensi keamanan internasional ia mengungkapkan kekhawatirannya bahwa penundaan akan dimanfaatkan Rusia ketika invasi mendekati ulang tahun pertamanya.

“Tidak ada alternatif selain kecepatan, karena kecepatanlah yang menjadi sandaran kehidupan,” kata Zelenskyy pada Konferensi Keamanan di Munich di Jerman, Jumat (17/2).

Ukraina bergantung pada senjata Barat untuk menggagalkan ambisi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk merebut sebagian besar wilayah negara itu. Bantuan militer telah menjadi ujian tekad pemerintah asing mengingat meningkatnya biaya keuangan.

Sekitar 40 kepala negara dan pemerintahan, serta politisi dan pakar keamanan dari hampir 100 negara menghadiri pertemuan tiga hari tersebut di tengah kekhawatiran bahwa pertempuran di Ukraina dapat mengundang Perang Dingin baru.

Dalam permohonannya untuk lebih banyak senjata Barat, Zelensky membandingkan perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia dengan pertarungan alkitabiah antara David dan Goliath, dengan mengatakan bahwa negaranya memiliki keberanian seperti David tetapi membutuhkan bantuan untuk mendapatkan ketapel.