Di tengah pandemik, KJRI New York sediakan layanan digital

KJRI New York merupakan perwakilan Indonesia di luar negeri pertama yang menggunakan pola aplikasi layanan digital.

Ilustrasi aplikasi di smartphone. Pixabay

Konsul Jenderal RI di New York Arifi Saiman menyatakan, pandemik Covid-19 membuat KJRI New York di Amerika Serikat melakukan transformasi digital, dan akan mulai menyediakan layanan konsuler melalui aplikasi smartphone.

"Transformasi digital menjadi suatu keharusan di masa ini, apalagi di tengah situasi pandemik Covid-19 yang secara paksa mengubah perilaku masyarakat," jelas Arifi dalam webinar 'Digitalisasi Perwakilan RI di New York' pada Sabtu (2/1).

Dia menjelaskan, demi mencegah penyebaran virus, otoritas kesehatan setempat menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang membatasi interaksi fisik antarmanusia. Menurutnya, hal tersebut menjadi hambatan bagi kinerja KJRI New York.

"Aturan-aturan tersebut bisa diatasi dan tidak menjadi hambatan jika sebelumya sudah bersiap melakukan transformasi digital," sambungnya. "Dalam situasi pandemik ini, muncul perubahan-perubahan perilaku seperti orang-orang mulai terbiasa melakukan semua hal secara online," jelasnya lagi.

Arifi memaparkan, transformasi digital sendiri mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan.