Diplomasi China rangkul Eropa, Presiden Xi berkorespondensi dengan penjaga kebun binatang Belgia

Ketika Domb mulai membangun Taman Tionghoa 17 tahun yang lalu, dia mengundang beberapa pengrajin dari Tiongkok.

Foto: People

Pohon magnolia yang subur di Taman Cina Kebun Binatang Pairi Daiza di Belgia melambangkan persahabatan antara Cina dan Belgia. Di depan pohon yang tumbuh subur di bawah sinar matahari pertengahan musim panas, Eric Domb menerima surat balasan dari Presiden China Xi Jinping awal pekan ini melalui Kedutaan Besar China di Belgia.

Xi mengatakan dalam surat kepada Domb, ketua dan pendiri Kebun Binatang Pairi Daiza, bahwa dia yakin Domb dan tokoh ramah lainnya akan terus menabur benih persahabatan, menarik lebih banyak orang, tidak terkecuali generasi muda, untuk berpartisipasi aktif untuk memajukan hubungan China-Belgia dan China-Eropa.

Domb menulis kepada Xi pada awal Juni, mengingat momen kunjungan Xi ke kebun binatang pada tahun 2014 dan memberi pengarahan kepada Xi tentang perkembangan terbaru kebun binatang tersebut.

"Saya sama sekali tidak berharap mendapatkan jawaban Xi," kata Domb kepada Xinhua, "Presiden Anda adalah salah satu orang tersibuk di dunia. Ini benar-benar merupakan tanda perasaan khusus untuk menjawab dalam waktu sesingkat itu. Ini adalah sama pentingnya dengan isi surat ini."

Pada bulan Maret 2014 selama kunjungan kenegaraannya ke Belgia, Xi dan Raja Belgia Philippe bersama pasangan mereka meresmikan Rumah Panda di kebun binatang. Mereka menanam pohon magnolia berbunga ungu. Xi mengatakan dalam surat balasannya bahwa dia senang mengetahui bahwa pohon itu telah berbunga dan dua panda raksasa, sebagai "utusan persahabatan" China, juga tumbuh dewasa.