DKG: Indonesia masuk daftar negara tingkat risiko tinggi

Israel menempati posisi pertama dalam daftar negara yang paling aman ditempati di tengah krisis yang dipicu Covid-19.

Petugas medis beristirahat selama pemindahan pasien positif Covid-19 dari Starsbourg, Prancis, menuju Jerman dan Swiss pada Senin (30/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Christian Hartmann

Deep Knowledge Group (DKG), sebuah konsorsium organisasi nirlaba yang aktif di bidang penelitian ilmiah, merilis sejumlah daftar terkait dengan pandemik coronavirus jenis baru.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari sejumlah sumber termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), situs pelacak Johns Hopkins, King's College London, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), DKG menjabarkan negara-negara yang paling aman ditempati dalam kondisi krisis kesehatan global ini.

Israel menempati posisi pertama dalam daftar "Coronavirus Health Safety Countries Ranking". Sejauh ini, Israel mencatat 4.695 kasus positif Covid-19, 16 di antaranya meninggal dan 161 dinyatakan sembuh.

Peringkat kedua ditempati oleh Singapura yang melaporkan 879 kasus infeksi coronavirus jenis baru. Dari jumlah itu, 228 orang sembuh dan angka kematian nasional mencapai tiga.

Posisi ketiga ditempati Slovakia, yang mendeteksi 336 kasus infeksi dengan tujuh pasien yang dinyatakan pulih. Selandia Baru menduduki urutan keempat. Negara itu mencatat 647 kasus positif coronavirus jenis baru, di mana satu orang meninggal dan 74 lainnya sembuh.