Dokter muda Myanmar demi revolusi campakkan karier di London

“Saya memutuskan saya harus kembali dan berpartisipasi dalam revolusi secara fisik,” katanya.

Dokter muda Myanmar demi revolusi campakkan mimpi London. Foto Al Jazeera

Ketika militer mengambil alih kekuasaan pada bulan Februari 2021, Dr Ye menjalani kehidupan yang hanya diimpikan oleh banyak anak muda di Myanmar – bekerja sebagai dokter di London. Berasal dari keluarga pendukung militer, ia tidak terlalu memikirkan politik sebelumnya.

“Sebelum kudeta, saya dicuci otak oleh mereka,” kata pria berusia 32 tahun itu saat wawancara di negara bagian Shan selatan pada bulan Desember. “Kudeta itu mencerahkan saya.”

Namun hal ini juga membuatnya terguncang oleh rasa bersalah para penyintas. Dia menyaksikan dari jauh ratusan orang seusia dan lebih mudanya ditembak mati di jalan-jalan selama protes damai pro-demokrasi. Tak lama kemudian, protes tersebut berubah menjadi pemberontakan bersenjata, dan militer melancarkan aksi pembalasan massal terhadap penduduk sipil.

“Untuk sementara, saya menyumbangkan uang, tapi saya tidak senang dengan itu. Setiap pagi ketika saya bangun, saya depresi melihat berita tentang pembunuhan, pengeboman, desa-desa yang dibakar,” ujarnya.

Pada titik terendahnya, Dr Ye bahkan mencoba bunuh diri.