Donald Trump batalkan kunjungan Menlu AS ke Korea Utara

Menlu AS dijadwalkan mendarat di Korea Utara pada pekan depan dengan ditemani utusan khusus yang baru, Stephen Biegun.

Menlu AS Mike Pompeo saat mendarat di Sunan International Airport di Pyongyang, Korea Utara pada 7 Juli 2018 / Andrew Harnik/Pool via REUTERS

Donald Trump telah membatalkan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo ke Korea Utara dengan alasan kurangnya kemajuan dalam isu denuklirisasi.

"Saya telah meminta Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk tidak pergi ke Korea Utara saat ini, karena saya merasa kami tidak membuat kemajuan yang cukup mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea," ujar Trump melalui Twitter pada Jumat (24/8) sore.

Dalam cuitannya, Trump juga menyinggung perang dagang dengan China membuatnya tidak meyakini bahwa Tiongkok akan membantu proses denuklirisasi.

...Additionally, because of our much tougher Trading stance with China, I do not believe they are helping with the process of denuclearization as they once were (despite the UN Sanctions which are in place)... — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 24 August 2018

Sebelumnya, Pompeo dijadwalkan tiba di Pyongyang pekan depan dengan ditemani utusan khusus yang baru, Stephen Biegun. Perjalanan keempat Pompeo ke Korea Utara dimaksudkan untuk membangun kesepakatan yang dicapai Trump dan Kim Jong-un dalam pertemuan perdana mereka di Singapura.