Donald Trump hukum 17 orang Saudi atas pembunuhan Khashoggi

Untuk pertama kalinya, Presiden AS Donald Trump memberikan hukuman tegas kepada 17 orang Arab Saudi terkait pembunuhan Jamal Khashoggi.

Departemen Keuangan AS pada Kamis (15/11) mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka dalam pembunuhan wartawan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. / Reuters

Untuk pertama kalinya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan hukuman tegas kepada 17 orang Arab Saudi terkait pembunuhan Jamal Khashoggi.

Departemen Keuangan AS pada Kamis (15/11) mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka dalam pembunuhan wartawan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Langkah itu adalah tindakan nyata pertama pemerintahan Presiden Donald Trump dalam kematian wartawan tersebut pada bulan lalu.

Hukuman itu akan diterapkan termasuk kepada Saud al-Qahtani, mantan pembantu utama Putra Mahkota Mohammed bin Salman, serta Konsul Jenderal Saudi Mohammed Alotaibi.

Hukuman itu akan dilaksanakan di bawah Undang-Undang Pertanggung-jawaban Hak Asasi Manusia Magnitsky Dunia, yang membidik pelaku pelanggaran berat hak asasi manusia dan korupsi.