Dorong inovasi pascapandemi, Korsel gelar Forum Ekonomi Digital 2020

DEF2020 akan membahas tentang perubahan yang mungkin terjadi dan percepatan inovasi di tengah pandemi Covid-19.

Suasana Forum Ekonomi Digital 2019 (DEF2019). Foto Istimewa

Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Perekonomian dan Keuangan Korea Selatan bakal menggelar Forum Ekonomi Digital 2020 (DEF2020) pada 11 September 2020. Melalui acara yang digagas bersama Forum Startup Korea tersebut, pemerintah Korsel berharap bisa mendorong inovasi pascapandemi.

Menandai edisi ke-3 tahun ini, DEF2020 akan membahas tentang perubahan yang mungkin terjadi dan percepatan inovasi di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut secara khusus dibahas dalam diskusi bertajuk  "Post-Corona Digital Economy–Accelerating Digital Transformation for Genuine Innovation". 

"Pemerintah Korea berencana untuk secara aktif merespons perubahan ekonomi dan sosial di era pascacoronavirus melalui 'Kesepakatan Baru Korea' yang mencakup Digital New Deal. Saya berharap forum ini dapat menjadi kesempatan untuk berdialog secara mendalam dan memulai diskusi kebijakan tentang arah ekonomi digital ke depan setelah pandemi Covid-19," kata Wakil Perdana Menteri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan Hong Nam-Ki, dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/8). 

Forum Ekonomi Digital akan diisi beberapa sesi, termasuk keynote speech, diskusi panel dan presentasi kasus para startup inovatif mengenai kebijakan transformasi digital, media dan hiburan, kerja dan pekerjaan, serta layanan kesehatan. Kementerian sengaja membahas tema tersebut karena banyak menjadi perhatian saat ini dan juga perubahan cepat usai era coronavirus. Lebih dari 20 pemimpin opini dan ahli global akan menjadi pembicara dalam forum tersebut. Latar belakang para pembicaranya pun beragam, dari startup, pemerintah, dan akademisi yang memelopori ekonomi digital.

Pembicara utama pertama adalah Peter Diamandis, seorang inovator dan pengusaha, yang mendirikan XPrize Foundation dan Singularity UNiversity. Dia akan mempresentasikan “Ekonomi Digital Pasca-Corona-Mengakselerasi Transformasi Digital demi Inovasi yang Sesungguhnya.” Pembicara utama lainnya adalah Andrew Wyckoff, Direktur Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Dia akan membahas tentang solusi dan strategi terkait ekonomi digital di era transformasi digital dan ekonomi nirkontak.