Dubes Masafumi: Kebijakan Jepang-Indonesia saling melengkapi

Nilai perdagangan Indonesia-Jepang mencapai US$31,57 miliar pada 2019.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii dalam perayaan HUT ke-60 Kaisar Naruhito di Hotel Mulia, Jakarta, pada Selasa (18/2). Alinea.id/Valerie Dante

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengatakan bahwa Indonesia dan Jepang memiliki banyak kesamaan nilai dan tujuan strategis. Kebijakan kedua negara, disebutnya pula, saling melengkapi.

"Contohnya, Jepang membutuhkan tenaga kerja muda yang berbakat dari Indonesia. Di sisi lain, Indonesia butuh para pemudanya untuk mengikuti pelatihan kejuruan, ini adalah hal yang bisa kami sediakan," jelas Dubes Ishii dalam perayaan hari jadi ke-60 Kaisar Naruhito di Hotel Mulia, Jakarta, pada Selasa (18/2).

Kebijakan Jepang dan Indonesia yang saling melengkapi juga terjadi dalam pembangunan infrastruktur. Indonesia membutuhkan jaringan Mass Rapid Transit (MRT) dan Jepang menyediakannya.

"Kehidupan di Jakarta akan menjadi lebih baik sejalan dengan pengembangan jaringan MRT yang saat ini sedang dikerjakan pemerintah Indonesia dan Jepang," lanjut dia.

Dubes Ishii menekankan bahwa Jepang siap bekerja sama dengan Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo.