Facebook hapus akun sejumlah tokoh berbahaya, siapa saja?

Di antara akun yang dihapus merupakan milik Paul Nehlen, penganut ideologi supremasi kulit putih, serta Laura Loomer, aktivis anti-Islam.

Ilustrasi / Pixabay

Facebook menghapus sejumlah akun tokoh terkemuka yang dianggap sebagai individu berbahaya. Jejaring sosial itu menyebut Alex Jones, pemilik situs konspirasi sayap kanan InfoWars, editornya, Paul Joseph Watson, dan mantan editor Breitbart News Milo Yiannopoulos sebagai penyebar ujaran kebencian.

Akun milik Louis Farrakhan, Ketua Gerakan Politik dan Agama Nation of Islam (NOI), yang telah menyatakan pandangan antisemitisme, turut dihapus.

Sebelumnya, Facebook pernah menghapus halaman milik kelompok anti-Islam asal Inggris seperti Britain First. Larangan terbaru juga ini berlaku di Instagram, yang dimiliki Facebook.

"Kami selalu menghapus akun individu atau organisasi yang mempromosikan atau terlibat dalam kekerasan dan ujaran kebencian, terlepas dari ideologi yang mereka anut," jelas Facebok melalui pernyataannya. "Proses untuk mengevaluasi pelanggar potensial sangat luas dan berakhir pada keputusan kami untuk menghapus sejumlah akun tersebut."

Di antara akun yang dihapus merupakan milik Paul Nehlen, penganut ideologi supremasi kulit putih, serta Laura Loomer, aktivis anti-Islam yang tenar di media sosial.