Fenomena langka perempuan penyembelih di industri daging Argentina

Kesenjangan gender di industri daging Argentina, tahun lalu perempuan mencapai tingkat partisipasi angkatan kerja tertinggi.

Semakin banyak perempuan yang mendapatkan pekerjaan sebagai tukang daging di Argentina yang pecinta daging [Lautaro Grinspan/Al Jazeera]

Hanya perlu berjalan cepat melalui Mercado Norte, sebuah aula pasar makanan berusia hampir seabad di kota ini, untuk menyadari bahwa di negara-negara yang paling karnivora ini, daging adalah wilayah kekuasaan laki-laki. Di balik konter kaca carnicerias, atau toko daging, yang merupakan sebagian besar kios makanan di pasar, tukang daging laki-laki bertugas di lapangan, dengan pisau di tangan, sementara perempuan, jika ada yang terlihat, ditempatkan di kasir. 

Namun, Maru Diaz adalah pengecualian. Celemek berlumuran darah yang tergantung di lehernya mengidentifikasi apa peran Maru Diaz di toko daging itu. 

Pada hari Selasa baru-baru ini, Diaz bekerja bersama dua tukang daging lainnya, keduanya laki-laki, untuk membuat potongan eceran yang dapat dikenali dari bangkai kambing: potongan iga, tenderloin, dan tulang kaki, yang dagingnya telah menjadi isian populer untuk empanada. Ini bukanlah tugas bagi mereka yang lemah hati. Prosesnya dimulai dengan mengangkat hewan seberat 23 kg (50 pon) tersebut ke dalam kail, memotong kepalanya dan menusukkan pisau di sepanjang tulang punggungnya untuk memotong bangkainya menjadi dua.

“Saya bekerja di dunia laki-laki,” kata Diaz tanpa basa-basi dengan kepala kambing bertumpuk di sekitar kakinya dalam apa yang tampak seperti ritual keagamaan. Beberapa pria, setelah melihatnya memegang pisau atau parang, mengungkapkan keterkejutan mereka dengan komentar merendahkan yang membuatnya kesal: “Hati-hati. Anda akan melukai diri sendiri,” atau peringatan untuk berhati-hati terhadap “wanita bersenjata”.

“Saya menyukai apa yang saya lakukan,” kata wanita berusia 36 tahun itu, rambut hitamnya diikat di sanggul. “Tapi kamu harus benar-benar menginginkannya.”