G-7 menolak agresi China, Korea Utara dan Rusia

Perang Rusia di Ukraina menghabiskan sebagian besar agenda pada Senin (17/4) bagi para utusan yang berkumpul di Jepang.

Logo G7 terlihat pada Pertemuan Menteri Luar Negeri G7 di hotel The Prince Karuizawa di Karuizawa, Jepang, Senin, 17 April 2023. AP Photo/Andrew Harnik, Pool

Para diplomat dari Kelompok G-7, berjanji akan mengambil sikap keras terhadap ancaman China yang meningkat terhadap Taiwan dan uji coba rudal jarak jauh Korea Utara yang tidak terkendali, sambil membangun momentum untuk meningkatkan dukungan bagi Ukraina dan menghukum Rusia atas invasinya.

Perang Rusia di Ukraina menghabiskan sebagian besar agenda pada Senin (17/4) bagi para utusan yang berkumpul di Jepang, untuk melakukan pembicaraan yang dimaksudkan untuk membuka jalan bagi tindakan para pemimpin G-7 ketika mereka bertemu bulan depan di Hiroshima.

Dunia berada pada "titik balik" pertempuran di Ukraina dan harus "dengan tegas menolak upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan kekerasan, dan agresi Rusia terhadap Ukraina dan ancaman penggunaan senjata nuklirnya," kata Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi.

Bagi delegasi Amerika, pertemuan itu datang pada momen krusial dalam tanggapan dunia atas invasi Rusia ke Ukraina dan upaya menghadapi China, dua isu yang dilontarkan para menteri G-7 dari Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, Italia, dan Uni Eropa, menganggap sebagai tantangan kuat terhadap tatanan internasional berbasis aturan pasca-Perang Dunia II.

Seorang pejabat senior AS yang bepergian dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, mengatakan kepada wartawan bahwa tujuan pemerintahan Biden untuk pembicaraan tersebut adalah untuk menopang dukungan bagi Ukraina, termasuk inisiatif besar pada infrastruktur energi Ukraina yang diluncurkan pada pertemuan G-7 tahun lalu di Jerman, juga untuk memastikan kelanjutan pemberian bantuan militer ke Kyiv.