George Soros sumbangkan hartanya ke organisasi amal

Soros menyumbangkan 80% kekayaannya ke kelompok amal internasional kesehatan

Wall Street Journal melaporkan (17/10), Soros telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya ke organisasi amal. Milyuner filantropi ini telah mentransfer uang sebesar US$ 18 miliar ke Open Society Foundations yakni sebuah kelompok amal internasional yang bekerja di lebih dari 100 negara. 

Organisasi tersebut fokus dalam proyek bantuan pengungsi, kesehatan masyarakat dan banyak topik lainnya. Nilai sumbangan Soros tersebut mencapai 80% dari total kekayaan pemodal. 

Sebelum memutuskan untuk mentransfer, Soros memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 23 miliar. Atas sumbangan tersebut, pria yang menempati posisi orang terkaya ke-29 di dunia ini berhasil melambungkan Open Society Foundations ke jajaran terdepan badan amal Amerika berdasarkan total aset. 

Mengutip data tahun 2014, satu-satunya badan amal Amerika yang lebih besar dari Open Society adalah Bill and Melinda Gates Foundation yang juga didanai sejumlah miliarder terkenal.

Ini bukan pertama kalinya Soros menyumbangkan kekayaannya ke badan amal. Ia telah memulai pemberian amal sehaj tahun 1979.