Google tangguhkan bisnis dengan Huawei

Dampaknya penangguhan bisnis oleh Google ini diharapkan minimal di pasar China.

Ilustrasi / Pixabay

Google Alphabet Inc menangguhkan bisnis dengan raksasa teknologi asal China, Huawei. Juru bicara Google mengatakan bahwa Huawei hanya akan dapat menggunakan versi open source Android dan tidak akan bisa mengakses aplikasi dan layanan eksklusif dari Google.

"Untuk pengguna layanan kami, Google Play dan perlindungan keamanan dari Google Play Protect akan terus berfungsi pada perangkat Huawei yang ada saat ini," terang juru bicara Google.

Penangguhan ini dapat membuat bisnis ponsel Huawei pincang di luar China mengingat perusahaan akan segera kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Android. Versi ponsel Android Huawei berikutnya juga akan kehilangan akses ke layanan populer, termasuk Google Play Store serta Gmail dan YouTube.

Pemerintahan Trump pada Kamis (16/5) memasukkan Huawei Technologies Co Ltd ke daftar hitam perdagangan, dan segera memberlakukan pembatasan yang akan membuat perusahaan itu sangat sulit untuk berbisnis dengan mitra mereka di Amerika Serikat.

Pada Jumat (15/5), Kementerian Perdagangan AS mengatakan tengah mempertimbangkan untuk mengurangi pembatasan pada Huawei demi mencegah gangguan operasi dan peralatan jaringan yang ada.