Government shutdown era Donald Trump pecahkan rekor

Government shutdown atau penutupan pemerintahan telah berlangsung sejak 22 Desember. Ini merupakan yang terlama sepanjang sejarah AS.

Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS/Leah Millis

Penutupan sebagian pemerintah Amerika Serikat atas permintaan Donald Trump demi mendapatkan pendanaan senilai US$5,7 miliar bagi dinding perbatasan dengan Meksiko memasuki hari ke-22 pada Sabtu (12/1) waktu setempat, menjadikannya government shutdown terlama sepanjang sejarah Negeri Paman Sam. 

Akhir shutdown hingga kini belum dapat diprediksi.

"Kita akan keluar dari krisis berkepanjangan jika Demokrat kembali dari 'liburan' mereka dan mulai bekerja. Saya di Gedung Putih siap menandatangani," ungkap Trump.

We have a massive Humanitarian Crisis at our Southern Border. We will be out for a long time unless the Democrats come back from their “vacations” and get back to work. I am in the White House ready to sign! — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 12 January 2019

Demokrat mengatakan Trump menutup pemerintahan dalam emosi yang meledak-ledak dengan menolak mengesahkan RUU pendanaan bipartisan yang mengecualikan pendanaan dinding perbatasan tahun lalu.