Granat hadiah ulang tahun tewaskan ajudan panglima militer Ukraina

 Kematian Chastyakov merupakan kemunduran terbaru bagi militer Ukraina.

Ilustrasi. Foto: Pixabay

Di tengah kesulitan persenjataan dan personel militer, Ukraina kehilangan seorang asisten panglima militer karena insiden konyol. Mayor Gennadiy Chastyakov tewas karena granat yang meledak.  Masalahya, granat itu adalah hadiah ulang tahun yang diberikan temannya.

Chastyakov adalah ajudan panglima militer Ukraina, Valery Zaluzhny.  Spekulasi pun beredar, sebenarnya granat itu 'dikirim' untuk membunuh Zaluzhny yang tengah berseteru dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko di Telegram mengatakan Mayor Gennadiy Chastyakov sebelumnya menerima kotak hadiah ulang tahun dari seorang rekannya pada hari Senin yang berisi beberapa granat “model Barat”.

Putra Chastyakov yang berusia 13 tahun kemudian mengambil salah satu granat dan mulai memutar cincinnya, tulis Klymenko. Saat Chastyakov mengambil granat darinya, cincinnya ditarik keluar dan senjatanya diledakkan.

Zaluzhny, panglima militer Ukraina, menulis di Telegram bahwa “asisten dan teman dekatnya” itu meninggal “dalam keadaan yang tragis.”