Hingga hari ini, Covid-19 menginfeksi 100 ribu warga dunia

Wabah asal China daratan ini telah merebak ke 90 negara lebih.

Wisatawan memakai masker di Bandara Internasional Galeao di Ro de Janeiro, Brasil, Jumat (6/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Ricardo Moraes

Situs web pelacak Johns Hopkins Center for Systems Science and Engineering serta worldometers.info melaporkan, epidemi coronavirus jenis baru (Covid-19) telah menginfeksi lebih dari 100 ribu orang di seluruh dunia hingga Sabtu (7/3). Wabah ini bersumber dari China daratan. Telah menewaskan 3.400-an orang dan merebak ke 90 negara lebih.

Di banyak negara yang terdampak coronavirus, warga diminta bekerja dari rumah. Sekolah-sekolah ditutup serta acara-acara publik besar, seperti konser dan pertandingan olahraga, pun dibatalkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta setiap negara mengutamakan pencegahan penyebaran coronavirus. Mereka memuji rencana Iran memerangi epidemi tersebut. "Negeri Para Mullah" hingga kini mencatat, 4.747 kasus infeksi dengan 124 kematian.

Sementara Italia, negara Eropa yang paling terpukul, mendeteksi 4.636 kasus penularan dengan 197 kematian. Pemerintah setempat memerintahkan penutupan sekolah, universitas, bioskop, dan teater untuk membendung infeksi.

Lembaga kesehatan nasional di Italia menyebut, rerata pasien yang meninggal berusia di atas 81 tahun. Sebagian besar memiliki riwayat penyakit sebelum terjangkit Covid-19.