Hong Kong pascarusuh terbaru: 260 orang ditangkap

Hong Kong mengalam peningkatan kekerasan yang nyata pada Senin (11/11).

Pengunjuk rasa bentrok dengan polisi antihuru-hara di kampus Universitas Politeknik Hong Kong, Senin (11/11). Gambar diambil dari unggahan media sosial. ANTARA FOTO/POLYU CAMPUS RADIO via REUTERS

Polisi antihuru-hara Hong Kong menembakkan gas air mata di sejumlah kampus pada Selasa (12/11) pagi untuk membubarkan mahasiswa. Sementara warga di kota itu berjuang atas kepentingan mereka, gangguan transportasi terjadi di seluruh wilayah dan para aktivis masih merencanakan aksi.

Sejumlah jalan ditutup pada Selasa pagi dan kemacetan panjang tidak terhindarkan. Pada Senin (11/11), Hong Kong mengalam peningkatan kekerasan yang nyata.

Seorang aktivis ditembak dengan peluru tajam oleh polisi. Dalam kasus berbeda, seorang lainnya dibakar oleh pengunjuk rasa antipemerintah. Keduanya dilaporkan berada dalam kondisi kritis.

Lebih dari 100 orang dilaporkan terluka dalam kekerasan yang terjadi pada Senin. Bentrokan pemrotes dengan polisi berlanjut hingga Selasa dini hari.

Polisi antihuru-hara dikerahkan ke stasiun-stasiun metro di seluruh Hong Kong, sementara operator kereta MTR Corp meminta penumpang untuk mencari opsi lain.