Hongaria catat suhu malam terpanas sejak 128 tahun terakhir

Eropa sedang berjuang dengan suhu ekstrem karena gelombang panas di Spanyol dan Portugal menewaskan lebih dari 330 orang pekan lalu.

Ilustrasi Budapest Hungaria. Foto Ist

Departemen meteorologi Hongaria pada Senin telah melaporkan suhu malam di negara itu mencapai 25.4C (77.72F). Ini merupakan suhu malam terpanas di Hungaria sejak 128 tahun terakhir. Hal ini terjadi di tengah gelombang panas yang sedang berlangsung di Eropa.

“Tingkat suhu malam tertinggi (sebelumnya) tercatat di kota Szeged pada 24 Juli 1894, pada 24,6C (76,28 F) dan suhu (terbaru) diukur pada 25,4C (77,72F) di ibu kota Budapest kemarin, Anadolu Agency (AA) mengutip Direktorat Jenderal Meteorologi Hongaria mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Suhu akan menurun pada Selasa dan hujan diperkirakan akan turun di beberapa daerah, tetapi suhu akan terus meningkat lagi dalam beberapa hari mendatang, tambahnya.

Eropa sedang berjuang dengan suhu ekstrem karena gelombang panas di Spanyol dan Portugal menewaskan lebih dari 330 orang pekan lalu, sementara Inggris mencatat suhu terpanas Selasa lalu.

Sementara itu, di barat daya Prancis, kebakaran hutan telah melahap ribuan hektar lahan.