HUT ke-70 China, keamanan Hong Kong diperketat

Meski tidak mendapat izin, namun demonstrasi besar-besaran diprediksi akan kembali pecah di Hong Kong bertepatan dengan HUT ke-70 China.

Presiden China Xi Jinping tiba di upacara peletakan karangan bunga di Monumen untuk Pahlawan Rakyat di Lapangan Tiananmen, memperingati 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China, Senin (30/9). ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Hong Kong berada dalam kontrol ketat pada Selasa (1/10), dengan barikade di pusat kota dan kehadiran masif polisi anti huru-hara. Pihak berwenang ingin memastikan bahwa protes antipemerintah tidak mewarnai perayaan hari ulang tahun Republik Rakyat China ke-70 yang jatuh hari ini.

Kurang lebih empat bulan lamanya bekas koloni Inggris itu menyaksikan demonstrasi yang terkadang disertai bentrokan, fenomena yang disebut sebagai salah satu tantangan paling berat bagi Presiden Xi Jinping sejak dia berkuasa.

Sebelumnya, para pemrotes telah bersumpah akan menandai HUT ke-70 China dengan berdemo. Padahal pemerintah pusat ingin memanfaatkan hari ini sebagai kesempatan untuk memamerkan kemajuan ekonominya.

Polisi pada Senin (30/9) memprediksikan kekerasan dalam skala sangat serius dapat terjadi. Otoritas Hong Kong sendiri telah menolak izin yang diajukan oleh pengunjuk rasa, namun aksi diperkirakan akan tetap berlangsung di seluruh kota.

Ratusan pejabat dan elite pro-kemapanan memulai hari dengan upacara pengibaran bendera resmi dan resepsi Hari Nasional di Pusat Konvensi dan Pameran. Jalan menuju tempat ini ditutup dan dikawal dengan ketat.