Ibu dan anak tersangka kebakaran kebun binatang di Jerman

Ibu dan anak itu diduga memicu kebakaran dengan menyalakan lentera terbang ilegal pada malam tahun baru.

Pemadam kebakaran memeriksa kandang monyet yang terbakar di Kebun Binatang Krefeld, Jerman, Rabu (1/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Thilo Schmuelgen

Pada Kamis (2/1), polisi melaporkan bahwa seorang ibu dan kedua putrinya menyerahkan diri atas keterlibatan mereka dalam kebakaran yang menewaskan puluhan hewan di Kebun Binatang Krefeld, Jerman, pada Selasa (31/2).

Kepala Polisi Krefeld Gerd Hoppmann menyatakan, ketiga perempuan itu kini sedang diselidiki atas dugaan menyebabkan kebakaran setelah menyalakan lentera terbang ilegal pada malam tahun baru.

Ibu berusia 60 tahun dan dua putrinya menyerahkan diri pada Rabu (1/1) setelah mendengar berita mengenai kebakaran kebun binatang tersebut.

"Mereka tampak seperti orang-orang yang masuk akal dan bertanggung jawab karena menunjukkan keberanian untuk menyerahkan diri," tutur Hoppmann.

Polisi meyakini api dipicu oleh salah satu lentera terbang yang mendarat di atap kandang primata. Hoppmann menyebut, secara total, ketiga wanita itu menyalakan lima lentera terbang.