India dan Pakistan adu tembak di Kashmir, belasan orang tewas

Baku tembak terbaru antara India dan Pakistan terjadi pada Sabtu (19/10) dan Minggu (20/10).

Anggota pasukan keamanan India berpatroli di jalan menyusul dicabutnya status hukum istimewa Kashmir oleh pemerintah Narendra Modi, Minggu (8/9). ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Ismail

India dan Pakistan saling menyalahkan atas baku tembak lintas perbatasan di wilayah Kashmir yang disengketakan, menewaskan dan melukai tentara serta warga sipil dari kedua belah pihak.

Pertempuran itu merupakan salah satu hari paling mematikan sejak New Delhi mencabut status khusus Kashmir pada Agustus.

Para pejabat dari kedua negara menuduh militer satu sama lain menembak melintasi perbatasan de facto, yang dikenal sebagai Line of Control (LoC). Jumlah korban tewas dalam putaran penembakan pada Minggu (20/10) naik menjadi setidaknya 10 orang, menurut laporan AFP.

India mengatakan Pakistan melepaskan tembakan di seberang perbatasan di wilayah Tangdhar, Kashmir utara, pada Sabtu (19/10) malam. Insiden itu menewaskan dua tentara India dan satu warga sipil.

Kepala militer India Jenderal Bipin Rawat, mengatakan bahwa pasukannya menggunakan artileri yang lebih besar untuk menargetkan apa yang mereka sebut sebagai kamp-kamp teroris di wilayah perbatasan milik Pakistan.