Indonesia-Denmark siap kerja sama kontraterorisme

Indonesia dapat memetik pelajaran dari Denmark, termasuk dari program pencegahan kejahatan serta kebijakan untuk mencegah ekstremisme.

Deputi Kerja Sama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto dalam seminar

Deputi Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Andhika Chrisnayudhanto mengatakan bahwa Indonesia tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Denmark dalam bidang kontraterorisme.

"Bisa saja kerja sama dalam bentuk workshop peningkatan kapasitas dengan cara saling tukar informasi soal isu-isu terorisme seperti pemulangan eks simpatisan kelompok radikal," jelas Andhika dalam seminar 'Countering and Preventing Violent Extremism and Radicalization' di Hotel JS Luwansa, Jakarta, pada Rabu (20/11).

Indonesia, jelasnya, sudah memiliki kerja sama serupa dengan 16 negara termasuk Amerika Serikat dan Australia.

"Tiap tahun ada kelompok kerja bersama dan konsultasi bilateral di mana kedua pihak akan memonitor dan mengevaluasi kerja sama yang dilakukan selama setahun terakhir," tutur dia.

Menurut dia, Indonesia dapat memetik banyak pelajaran dari Denmark, contohnya dari program pencegahan kejahatan serta kebijakan-kebijakan untuk mencegah ekstremisme dan radikalisasi yang dimiliki oleh negara itu.