Indonesia-Prancis sepakat perkuat kerja sama maritim

Menteri Girardin menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara non-Eropa pertama yang dikunjunginya sejak menjabat pada Juli 2020.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar dan Menteri Kelautan Prancis Annick Girardin usai pertemuan bilateral di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, pada Selasa (8/6). / Kemlu RI

Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar pada Selasa (8/6) menerima courtesy call Menteri Kelautan Prancis Annick Girardin yang tengah melawat ke Indonesia.

Dikutip dari keterangan resmi Kemlu RI pada Rabu (9/6), Menteri Girardin menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara non-Eropa pertama yang dikunjunginya sejak menjabat pada Juli 2020. 

Pertemuan kedua pihak membahas langkah konkret merealisasikan potensi peningkatan kerja sama bilateral Indonesia-Prancis, khususnya di bidang kemaritiman dan kelautan, serta kerja sama yang lebih luas dalam kerangka Indo-Pasifik.   

Wamenlu Mahendra menggarisbawahi bahwa terdapat potensi kerja sama yang besar yang dalam lingkup kemaritiman, terutama pemanfaatan dan pengelolaan natural capital, baik di darat maupun di laut, secara berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat. 

Dengan pendekatan nilai kesetaraan, keadilan, dan kemajuan kedua belah pihak, Indonesia menyambut positif berbagai inisiatif peningkatan kerja sama bilateral yang diupayakan pemangku kepentingan kedua negara.