Indonesia salah satu prioritas kebijakan baru Taiwan

Kebijakan tersebut diinisiasi oleh Presiden Tsai Ing Wen pada 2016.

Ilustrasi / Pixabay

Wakil Ketua Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) di Indonesia Peter Lan menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara prioritas untuk diajak kerja sama di bawah kerangka New Southbound Policy atau Kebijakan Baru ke Arah Selatan.

Kebijakan tersebut diinisiasi oleh Presiden Tsai Ing Wen pada 2016 dengan menjadikan 18 negara di wilayah Asia Tenggara dan Australasia sebagai rekanan kerja sama.

"Tujuannya sederhana, yaitu untuk melakukan konsolidasi dan menguatkan hubungan yang substantif dengan negara tetangga kami, dan salah satu negara dan rekan yang kami prioritaskan adalah Indonesia," ujar Lan usai seminar bertajuk potensi kerja sama daur ulang limbah plastik di Jakarta, Kamis (26/9).

Di bawah Kebijakan Baru ke Arah Selatan itu, Lan menambahkan, Taiwan dan Indonesia sudah menandatangani setidaknya 12 kesepakatan kerja sama dalam dua tahun terakhir.

"MoU Taiwan dan Indonesia mencakup sektor tradisional, perdagangan, investasi, pendidikan, ketenagakerjaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, pertanian dan bahkan kami membidik peluang kerja sama dalam sektor lainnya," kata dia.