Indonesia sukses gelar retreat Dewan Keamanan PBB

Pada retreat tersebut, para negara anggota Dewan Keamanan PBB dapat berdiskusi secara informal dalam atmosfer positif.

Dirjen Kerja Sama Multilateral Kemlu RI Febrian A. Ruddyard (ketiga dari kiri) dalam "UNSC Member's Retreat: Wrap Up of the Year: Lessons Learned and the Way Forward" di Bali, Rabu (27/11). / Kemlu RI

Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Febrian A. Ruddyard mengatakan bahwa untuk pertama kalinya Indonesia memprakarsai retreat Dewan Keamanan PBB (DK PBB). Pada retreat tersebut, para negara anggota dapat berdiskusi secara informal dalam atmosfer positif.

"Hal ini merupakan capaian bagi Indonesia dalam mendorong penguatan dan kerja sama di antara negara anggota DK PBB," tutur Febrian dalam "UNSC Member’s Retreat: Wrap Up of the Year: Lessons Learned and the Way Forward" di Bali pada Rabu (27/11), seperti dikutip dari keterangan resmi di kemlu.go.id.

Dalam retreat yang digelar sejak Selasa (26/11) itu, lanjutnya, diskusi sangat cair dan terbuka di antara negara-negara anggota tetap (permanent five/P5) dengan anggota terpilih (elected ten/E10) DK PBB.

"Kita berharap iklim positif yang terbangun ini dapat terus berlanjut dalam pembahasan dan penyelesaian berbagai isu di DK PBB," ujar dia.

Duta Besar Indonesia untuk PBB Dian Triansyah Djani menyampaikan, negara-negara anggota DK PBB sangat mengapresiasi insiatif Indonesia dalam menyelenggarakan retreat tersebut.