Inggris konfirmasi kasus pertama coronavirus

Kasus pertama coronavirus tipe baru di Inggris melibatkan dua orang yang berasal dari keluarga yang sama.

Seorang anak lelaki memperhatikan robot sambil memakai masker di Bandara Internasional Pudong di Shanghai, China, Senin (27/1). ANTARA FOTO/REUTERS

Penasihat senior pemerintah Inggris untuk urusan kesehatan Chris Whitty mengonfirmasi kasus pertama coronavirus tipe baru yang melibatkan dua orang di Inggris. Mereka berasal dari keluarga yang sama.

"Para pasien telah menerima perawatan ... kami menggunakan prosedur pengendalikan infeksi yang telah diuji untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) telah dipersiapkan dengan sangat baik dan digunakan untuk mengelola infeksi. Kami telah bekerja cepat untuk mengidentifikasi kontak apa pun yang dilakukan pasien demi mencegah penyebaran lebih lanjut," sebut Whitty dalam pernyataan tertulisnya yang dirilis pada Jumat (31/1).

Sementara itu, Thailand telah melaporkan kasus pertama penularan coronavirus tipe baru dari orang ke orang.

Pasien pertama yang terjangkit virus di Thailand adalah seorang warga lokal yang berprofesi sebagai sopir taksi.

"Dia tidak memiliki catatan bepergian ke China, dan kemungkinan terinfeksi oleh pelancong asal China yang sakit," kata Wakil Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Tanarak Pipat.