Investasi jadi fokus kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi ke India

Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman ke India berlangsung selama dua hari dan dimulai pada Selasa (19/2).

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman disambut Perdana Menteri Narendra Modi saat tiba di India, Selasa (19/2). Twitter/@narendramodi

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengumumkan perjanjian infrastruktur, perdagangan, serta penguatan kerja sama dalam penanggulangan terorisme, keamanan angkatan laut, dan siber dengan India. Itu disampaikannya setelah bertatap muka dengan Perdana Menteri Narendra Modi di New Delhi pada Rabu (20/2).

Pangeran yang kerap disapa MBS tersebut tiba di India pada Selasa (19/2) untuk melakukan kunjungan dua hari, dengan harapan untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan energi.

"Hari ini kami mengharapkan peluang yang kami targetkan di berbagai bidang di India melebihi US$100 miliar dalam dua tahun mendatang ... Kami ingin bekerja sama dengan Anda, Pak PM, untuk memastikan investasi ini dilakukan serta menjamin pengembalian yang bermanfaat bagi kedua negara," ujar MBS.  

India dan Arab Saudi menandatangani lima perjanjian di bidang infrastruktur, investasi, pariwisata, perumahan, penyiaran, dan pembentukan dewan kemitraan strategis.

PM India dilaporkan melanggar protokol ketika dia pergi ke bandara dan memeluk sang pangeran yang tengah berusaha membangun kembali reputasinya pasca-pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. Seharusnya, PM India bertemu dengan para pemimpin asing dalam sebuah upacara resmi di istana, bukan di landasan pacu bandara.