Iran siap bertukar seluruh tahanan dengan AS

Hal ini ditegaskan Iran dua hari setelah kesuksesan pertukaran tahanan dengan AS.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif dan Massoud Soleimani, seorang ilmuwan Iran yang ditahan di AS. Twitter/@JZarif

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, pihaknya seutuhnya siap melakukan pertukaran tahanan penuh dengan Amerika Serikat. Pernyataan tersebut dilontarkan Zarif pada Senin (9/12), dua hari setelah kedua negara sukses melakukan pertukaran tahanan.

"Setelah mendapatkan warga kami yang disandera pekan ini, kami sepenuhnya siap untuk pertukaran tahanan yang komprehensif. Bola ada di pengadilan AS," twit Zarif.

After getting our hostage back this week, fully ready for comprehensive prisoner exchange.

The ball is in the US’ court.

Today, back to regional diplomacy in Istanbul, at the Ministerial Heart of Asia mtg, joining forces for peace & development in Afghanistan.#NeighborsFirst pic.twitter.com/dJw05JYM7X — Javad Zarif (@JZarif) 9 December 2019

Pertukaran tahanan pada Sabtu (7/12) melibatkan Xiyue Wang, seorang warga negara AS kelahiran China yang ditahan di Iran sejak 2016, dan Massoud Soleimani, seorang ilmuwan Iran yang ditahan di AS.

Setelah pertukaran tahanan yang dinegosiasikan secara tidak langsung dan bergulir di Swiss yang netral, Presiden AS Donald Trump berterima kasih kepada Iran atas apa yang disebutnya sebagai negosiasi yang sangat adil.