IS akhirnya dikalahkan

Hal itu sekaligus mengumumkan akhir dari "kekhalifahan" yang diberlakukan di kawasan yang terbentang sepertiga di Irak dan Suriah.

Pejuang Islamic State dan keluarga mereka berjalan saat mereka menyerah di desa Baghouz, provinsi Deir Al Zor, Suriah, Selasa (12/3).AntaraFoto/REUTERS/Rodi Said

IS (Daesh) telah dikalahkan di wilayah terakhirnya di Baghouz di Suriah, kata Pasukan Demokratik Suriah dukungan Amerika Serikat pada Sabtu. Hal itu sekaligus mengumumkan akhir dari "kekhalifahan" yang diberlakukan di kawasan yang terbentang sepertiga di Irak dan Suriah.

Syrian Democratic Forces (SDF) menyatakan "pengahapusan total yang disebut kekhalifahan itu," cuit Mustafa Bali, kepala kantor media SDF, di Twitter.

"Baghouz sudah dibebaskan. Kemenangan militer terhadap Daesh telah dicapai," tulisnya.

SDF telah bertempur untuk merebut Baghouz di perbatasan Irak selama beberapa pekan. "Kami perbarui janji kami untuk meneruskan perang dan mengejar para petempur IS hingga penghapusan penuh," tulisnya.

Kendati kekalahan IS di Baghouz mengakhiri cengkeraman kelompok itu atas negara kuasi jihadis yang mengangkangi Suriah dan Irak yang dideklarasikan tahun 2014, kelompok tersebut masih merupakan ancaman.