Istri Emir Uni Emirat Arab cari suaka di Inggris

Putri Haya kelahiran Yordania menikah dengan Syekh Mohammed pada 2004, menjadikannya istri keenam penguasa itu.

Putri Haya, istri Emir Dubai Syekh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. REUTERS/Stringer

Putri Haya binti al-Hussein, istri dari Perdana Menteri Uni Emirat Arab sekaligus Emir Dubai Syekh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dilaporkan melarikan diri dari suaminya dan sekarang sedang bersembunyi di London, Inggris.

Syekh Mohammed yang merupakan miliarder pemilik bisnis pacuan kuda, mengunggah puisi yang mengungkapkan amarahnya di Instagram. Puisi itu diduga menyebut istrinya sebagai wanita yang telah berkhianat dan berbohong.

Putri Haya kelahiran Yordania menikah dengan Syekh Mohammed pada 2004, menjadikannya istri keenam penguasa itu. Syekh Mohammed dilaporkan memiliki 23 anak dari sejumlah istrinya termasuk dari Putri Haya.

Awalnya beberapa waktu lalu Putri Haya melarikan diri untuk mencari suaka di Jerman. Haya, yang dekat dengan keluarga kerajaan Inggris, kini dikabarkan tinggal di rumah seharga US$107 juta di Kensington Palace Gardens, pusat London.

Dia dikabarkan sedang mempersiapkan gugatan hukum di Pengadilan Tinggi di London, kasus itu akan dibahas di persidangan pada akhir Juli.