Jelang Olimpiade, Jepang vaksin massal lansia

Pusat-pusat vaksin Covid-19 di Tokyo dan Osaka akan memvaksinasi ribuan orang setiap harinya.

Foto ilustrasi. Pixabay

Jepang telah membuka dua pusat inokulasi massal pada Senin (24/5) di tengah perlombaan negara itu untuk memvaksinasi sebagian besar penduduk lansia terhadap Covid-19. Langkah ini dilakukan sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo pada akhir Juli 2021.

Pusat-pusat vaksin Covid-19 di Tokyo dan Osaka akan memvaksinasi ribuan orang setiap harinya, memberikan dorongan pada upaya vaksinasi Jepang yang lamban.

"Lebih baik mendapatkannya lebih awal," kata Tetsuya Urano (66), penduduk Tokyo yang termasuk di antara orang pertama yang divaksinasi di pusat kota tersebut. "Semuanya berjalan cukup lancar secara keseluruhan," kata dia lagi.

Bertempat di sebuah gedung yang biasanya digunakan untuk administrasi pajak, fasilitas vaksinasi di Tokyo akan beroperasi 12 jam sehari untuk memberikan suntikan kepada sekitar 10.000 orang setiap hari selama tiga bulan ke depan. 

Sementara itu, situs vaksinasi di Osaka, akan memberikan sekitar 5.000 suntikan sehari. Fasilitas vaksinasi massal juga direncanakan untuk Nagoya, Kobe, dan kota-kota besar lainnya.