Jepang beli pulau senilai Rp2 T untuk pangkalan militer

Pemerintah Jepang telah mencari lokasi yang cocok untuk membangun fasilitas latihan militer sejak delapan tahun lalu.

Ilustrasi / Pixabay

Jepang mengucurkan US$146 juta atau senilai Rp2 triliun untuk membeli pulau tidak berpenghuni, Mageshima, yang terletak antara Kyushu dan Prefektur Okinawa. Pulau tersebut rencananya akan dikembangkan menjadi pangkalan udara untuk pesawat militer Jepang dan Amerika Serikat.

Mageshima adalah bagian dari Kepulauan Osumi dan menjadi tuan rumah salah satu lapangan terbang militer Jepang ketika mempertahankan Okinawa pada Perang Dunia II.

Pengembangan Pulau Mageshima rencananya akan mencerminkan doktrin keamanan pemerintah Jepang yang ingin melindungi pulau-pulau yang tersebar dan prefektur paling selatan.

"Sangat penting mengamankan situs itu ... Dari sudut pandang keamanan, sehingga kami akan mencoba membangun fasilitas permanen sesegera mungkin," tutur Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga pada Senin (2/12).

Pada Januari, pemerintah mencapai kesepakatan dengan pengembang yang berbasis di Tokyo, Taston, untuk membeli pulau itu seharga US$41 juta. Namun, kesepakatan itu runtuh pada Mei ketika presiden baru perusahaan tersebut menuntut lebih banyak uang.