Jepang dan Korea Selatan berselisih, bagaimana sikap AS?

Jepang dan Korea Selatan sama-sama merupakan sekutu utama Amerika Serikat di Asia. AS mendorong terjadi dialog antar kedyanya.

Ilustrasi / Pixabay

Amerika Serikat akan melakukan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu meredakan sengketa politik dan ekonomi yang memburuk di antara dua sekutu utamanya di Asia, Korea Selatan dan Jepang. Seoul telah memperingatkan bahwa perselisihan ini akan memiliki dampak global.

AS dinilai ragu-ragu untuk secara terbuka membantu menyelesaikan perselisihan. Namun, isu yang mengancam pasokan chip memori dan ponsel pintar tersebut telah membayangi kunjungan David Stilwell, diplomat senior AS untuk kebijakan Asia Timur. 

Di Seoul, Stilwell mengatakan bahwa dia menanggapi situasi ini dengan serius tetapi tidak menguraikan langkah-langkah apa yang mungkin akan diambil oleh AS. Menurut Stilwell, pada dasarnya penyelesaian perselisihan bergantung pada Korea Selatan dan Jepang. 

"Kami berharap resolusi akan segera terjadi," kata Stilwell. "AS, sebagai teman dekat dan sekutu bagi keduanya, akan melakukan apa yang bisa dilakukan untuk mendukung upaya mereka untuk menyelesaikannya."

Pekan lalu, Stilwell mengatakan kepada penyiar NHK Jepang bahwa AS tidak akan campur tanngan dalam perselisihan. Sebaliknya, Washington akan mendorong terjadinya dialog antara Seoul dan Tokyo.