Jerman memperingatkan China: Perang dengan Taiwan akan menjadi 'skenario horor'

"Eskalasi militer di Selat Taiwan, yang dilalui 50 persen perdagangan dunia setiap hari, akan menjadi skenario horor bagi seluruh dunia.

China. Foto Hindustan times

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock pada hari Jumat memperingatkan China untuk mengurangi ketegangan atas Taiwan. Ia memperingatkan bahwa perang di wilayah tersebut akan menimbulkan konsekuensi bencana bagi seluruh dunia.

Pernyataan partai Hijau Jerman itu juga menegaskan kembali jarak Berlin yang signifikan dari pernyataan kontroversial Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menimbulkan keraguan apakah Eropa akan membantu AS jika Beijing menginvasi tetangga demokratisnya yang lebih kecil.

"Eskalasi militer di Selat Taiwan, yang dilalui 50 persen perdagangan dunia setiap hari, akan menjadi skenario horor bagi seluruh dunia," kata Baerbock pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari China Qin Gang di Beijing.

"Gelombang kejut dari krisis ekonomi dunia seperti itu juga akan menghantam China dan Jerman sebagai negara perdagangan khusus. Oleh karena itu, kami mengamati meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan dengan sangat hati-hati," kata menteri luar negeri Jerman.

"Konflik hanya bisa diselesaikan dengan damai. Perubahan status quo secara sepihak dan dengan kekerasan tidak akan dapat diterima oleh kami sebagai orang Eropa," tambahnya.