Kanada tetapkan pendukung Trump sebagai entitas teroris

Organisasi pendukung Donald Trump, Proud Boys, diidentifikasi sebagai kelompok ekstremis.

Anggota kelompok sayap kanan Proud Boys bentrok dengan pengunjuk rasa kontra Washington DC sebelum Pilres AS 2020/Foto Erin Scott/Reuters.

Pemerintah Kanada menetapkan kelompok militan pendukung Donald Trump, Proud Boys, sebagai entitas teroris pada Rabu (3/2). Langkah itu menyusul peran signifikan mereka dalam kerusuhan mematikan di Capitol, Amerika Serikat, pada 6 Januari.

Proud Boys dalam  pengawasan keta setelah memanfaatkan kebijakan mantan pemerintahan Trump. Kelompok itu disebut sebagai provokator utama selama protes sebelumnya dan kerusuhan Capitol.

Proud Boys diidentifikasi sebagai kelompok ekstremis, organisasi politik sayap kanan, neo-fasis, dan khusus pria yang dikenal karena terlibat dalam bentrokan kekerasan dalam sejumlah demonstrasi politik. Kanada merupakan negara pertama yang menunjuk mereka sebagai entitas teroris.

Dalam debat presiden pada September 2020, Trump justru meminta Proud Boys untuk mundur dan bersiap-siap ketika diminta untuk mengecam perbuatan mereka yang penuh kekerasan.

Pejabat senior Kanada dalam sebuah pengarahan teknis mengatakan, pihak berwenang telah memantau dan mengumpulkan bukti tentang Proud Boys sebelum pemberontakan Capitol Hill. Menguatkan pernyataan itu, Menteri Keamanan Publik Kanada Bill Blair menuturkan bahwa pascakerusuhan di Capitol, niat jelas Proud Boys semakin terlihat jelas.