Kapal tanker Yunani meledak di lepas pantai Saudi

Koalisi militer pimpin Saudi menuding kelompok pemberontak Yaman, Houthi, berada di balik insiden tersebut.

Ilustrasi. Freepik

Sebuah ledakan mengguncang kapal tanker MT Agrari yang dioperasikan Yunani di Pelabuhan Shuqaiq, Laut Merah, Arab Saudi, pada Rabu (25/11) waktu setempat. Koalisi militer pimpinan Saudi menuduh kelompok pemberontak Yaman, Houthi, di balik insiden tersebut.

"Kapal diserang oleh sumber yang tidak diketahui," kata sebuah pernyataan dari operator Agrari, TMS Tankers Ltd. "Agrari tertabrak sekitar 1 meter di atas permukaan air dan mengalami kerusakan. Sudah dipastikan kru selamat dan tidak ada korban luka."

Kapal masih mengapung di lepas pantai dan telah dinaiki otoritas Saudi untuk diinvestigasi. Shuqaiq berjarak sekitar 160 kilometer (km) utara melalui laut dari perbatasan Yaman.

“Ledakan terjadi di batas pelabuhan dan mengenai lambung kapal,” kata Ambrey, sebuah perusahaan keamanan Inggris. Dikatakannya, Agrari memiliki kargo dari Rotterdam, Belanda, yang telah dibuang di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Shuqaiq.

Ledakan terjadi setelah rudal yang ditembakkan Houthi menghantam fasilitas minyak Aramco di Jeddah, Arab Saudi, Senin (23/11) pagi.