Kasus infeksi Covid-19 di AS melampaui 1 juta

Jumlah kasus di AS mewakili hampir sepertiga dari total kasus infeksi Covid-19 global.

Petugas kesehatan di depan Beth Israel Deavoness Hospital Milton, Massachusetts, Amerika Serikat, pada Selasa (28/4) di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Brian Snyder

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada Rabu (29/4) melaporkan bahwa Amerika Serikat mencatat 1.005.147 kasus positif Covid-19, mewakili hampir sepertiga dari total kasus infeksi global.

Dari jumlah tersebut, fatalitas mencapai 57.505. Menurut situs pelacak Johns Hopkins University dan worldometers.info, jumlah pasien yang sembuh melebihi 120.000.

Sekitar 30% dari total kasus infeksi Covid-19 di AS terdeteksi di Negara Bagian New York, yang disebut sebagai episentrum virus di negara tersebut.

Pada Rabu, Donald Trump mengatakan bahwa alasan kasus infeksi AS melampaui satu juta adalah karena negaranya melakukan pengujian Covid-19 secara besar-besaran.

"Satu-satunya alasan AS melaporkan satu juta kasus infeksi coronavirus jenis baru adalah karena pengujian kami jauh lebih luas daripada negara lain di dunia," kata dia. "Negara-negara lain berada di belakang kami dalam hal uji Covid-19, karena itu mereka mencatat jauh lebih sedikit kasus."