KBRI Seoul: Kondisi di Daegu semakin kondusif

Semakin kondusifnya kondisi di Daegu ditandai dengan meningkatnya angka kesembuhan dan menurunnya jumlah kasus infeksi baru.

Tim Posko Aju siap berangkat menuju posko. / KBRI Seoul

KBRI Seoul melakukan rotasi Tim Posko Aju yang berlokasi sekitar 50 kilometer dari Kota Daegu, Korea Selatan, untuk memastikan keselamatan WNI dan memantau situasi terkait perkembangan wabah coronavirus jenis baru.

Dalam pernyataannya, KBRI Seoul menjelaskan bahwa 1.403 WNI yang bermukim di Daegu dalam keadaan aman.

Tim kedua Posko Aju berangkat pada Kamis (12/3) dari Seoul, mereka menggantikan tim pertama yang akan kembali ke ibu kota. KBRI menjelaskan, rotasi tim akan terus dilakukan setiap dua minggu sekali.

"Kondisi Tim Posko Aju yang pulang dari Daegu dalam keadaan sehat. Sekembalinya mereka, tim akan mengarantina diri dan bekerja dari kediaman masing-masing selama dua pekan," jelas KBRI Seoul.

Posko Aju dibentuk pada 27 Februari sebagai bagian dari upaya perlindungan WNI di Korea Selatan, terutama setelah pemerintah setempat meningkatkan status kewaspadaan menjadi red alert dan menetapkan Kota Daegu sebagai salah satu zona perawatan khusus karena banyaknya lonjakan kasus penularan coronavirus.