Kebakaran Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio galang US$5 juta

Kebakaran telah melonjak di Hutan Amazon pada 2019.

Batang pohon hangus di sebidang Hutan Amazon yang terbakar di Porto Velho, Brasil, Jumat (23/8). ANTARA FOTO/REUTERS/Ueslei Marcelino

Earth Alliance, organisasi lingkungan yang didirikan oleh Leonardo DiCaprio dan dua temannya telah berjanji akan menggalang US$5 juta untuk membantu melestarikan hutan hujan Amazon.

Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE) menyatakan bahwa kebakaran telah melonjak di Hutan Amazon pada 2019 dan lahan sebesar satu setengah lapangan sepak bola hangus terbakar setiap menit di setiap hari.

Hutan Amazon, yang memproduksi sekitar 20% oksigen Bumi, sering disebut sebagai paru-paru dunia dan dianggap penting dalam memperlambat pemanasan global.

"Earth Alliance telah membentuk Dana Hutan Amazon dengan target US$5 juta ... Untuk melindungi keanekaragaman hayati Amazon dari gelombang kebakaran," kata organisasi itu pada Minggu (25/8).

Organisasi tersebut mengumumkan bahwa dana daruratnya akan diberikan kepada lima organisasi lokal yang memerangi kebakaran, melindungi tanah penduduk asli Amazon dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.