Keberadaan es krim 1 dolar Singapura di Orchard terancam

Menikmati es krim 1 dolar Singapura seolah merupakan hal wajib saat berkunjung ke Negeri Singa.

Ilustrasi / Pixabay

Gerobak es krim milik Chieng Puay Chui telah menjadi bagian dari pemandangan umum di sepanjang Orchard Road, Singapura, selama sekitar tiga dekade terakhir. Pria berusia 71 tahun yang lebih dikenal sebagai Paman Chieng itu telah menjaja es krim di jalanan sejak 1965.

Sekitar 30 tahun lalu, dia memutuskan untuk menjual es krim di sepanjang Orchard Road di luar gedung tua, Tangs. Empat tahun setelahnya, dia pindah dan berjualan di depan Ngee Ann City hingga kini.

Namun, gerobak es krim milik Chieng dan enam lainnya di sepanjang Orchard Road terancam lenyap setelah linsensi mereka berakhir. 

Badan Makanan Singapura (SFA) menyatakan bahwa pedagang kaki lima seperti Chieng memegang lisensi pribadi yang tidak dapat dipindahtangankan. Mereka tidak dapat memperpanjang lisensi itu kepada anggota keluarga atau rekan yang ingin mengambil alih usaha.

"Sayang sekali jika tidak ada lagi paman-paman yang berjualan es krim, terutama karena ini adalah es krim tradisional Singapura," kata Chieng. "Saya tidak tahu apakah akan ada tindakan untuk memastikan bahwa pedagang es krim tetap dapat berjualan di Orchard Road."