Rival PM Israel setuju bergabung dengan pemerintah persatuan?

Pemilihan mendadak Benny Gantz sebagai Ketua Knesset pada Kamis (27/3) membuka jalan bagi kesepakatan mengakhiri kebuntuan politik Israel.

Ilustrasi Israel / Pixabay

Saingan utama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan telah setuju untuk bergabung dengan pemerintah persatuan, mengakhiri kebuntuan politik selama berbulan-bulan.

Pemilihan mendadak Benny Gantz sebagai ketua parlemen atau Knesset pada Kamis (27/3) membuka jalan bagi kesepakatan itu.

Media Israel melaporkan bahwa Gantz akan tetap menjadi ketua parlemen sampai dia ditunjuk sebagai menteri luar negeri dan kemudian akan mengambil alih jabatan perdana menteri pada September 2021.

Sebelumnya, Gantz menolak bergabung dengan pemerintah Netanyahu karena sang PM tengah menghadapi persidangan. Netanyahu didakwa melakukan penyuapan, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan pada Januari.

Partai Likud yang dipimpin Netanyahu memenangkan kursi terbanyak dalam pemilu bulan ini, yang ketiga dalam waktu kurang dari satu tahun, tetapi ada lebih banyak anggota parlemen merekomendasikan agar Gantz diberi mandat untuk membentuk pemerintahan.