Dua menteri Inggris pendukung Brexit mengundurkan diri

David Davis menjadi menteri pertama yang mengundurkan diri. Setelahnya, menyusul Boris Johnson yang menjabat sebagai menlu Inggris.

Ilustrasi Brexit / Pixabay

Perdana Menteri Inggris Theresa May menunjuk Jeremy Hunt sebagai menteri luar negeri setelah sebelumnya Boris Johnson (BoJo) mengundurkan diri. Mundurnya BoJo merupakan bentuk protes atas rencana pemerintah untuk membangun hubungan perdagangan yang erat dengan Uni Eropa.

"Ratu dengan gembira menyetujui penunjukan Jeremy Hunt sebagai menteri urusan luar negeri dan persemakmuran," kata kantor PM Inggris lewat sebuah pernyataan seperti yang dikutip dari ABC News, Selasa (10/7).

BoJo yang merupakan seorang pendukung vokal Brexit, mengecam PM May dalam surat pengunduran dirinya. Ia menuding May 'mengibarkan bendera putih' dalam negosiasi dengan Uni Eropa.

"Brexit harusnya tentang peluang dan harapan," tulis BoJo. 

Ia kemudian menulis kalau mimpi itu mati, tercekik oleh keraguan sendiri. BoJo juga mengeluhkan soal bagaimana keputusan penting telah ditunda, mengarah pada apa yang dia gambarkan sebagai semi-Brexit dengan Inggris tidak dapat menyimpang atau pindah, dari aturan dan persyaratan yang ditetapkan di Brussels.