Kejar target perdagangan US$50 M, RI-India perkuat kemitraan strategis

"RI-India bertekad meningkatkan kerja sama untuk mencapai target perdagangan bilateral sebesar US$50 miliar pada 2025."

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar di sela-sela Joint Commission Meeting (JCM) keenam, di New Delhi, pada Jumat (13/12/2019). Dokumentasi Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dalam Joint Commission Meeting (JCM) keenam di New Delhi, pada Jumat (13/12). Kedua menlu membahas cara mengejar target perdagangan bilateral.

"Melalui pertemuan ini, kedua negara bertekad kuat meningkatkan kerja sama untuk mencapai target perdagangan bilateral sebesar US$50 miliar pada 2025," tutur Menlu Retno dikutip dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI pada Jumat.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pembahasan antara Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri India Narendra Modi pada November lalu. Dalam tatap muka pada Jumat, kedua menlu membahas langkah-langkah mencapai target perdagangan, upaya menyeimbangkan neraca perdagangan, isu kelapa sawit, serta kerja sama terkait Indo-Pasifik.

Selain itu, kedua menlu juga membahas mengenai kolaborasi konkret, termasuk peningkatan konektivitas antara Aceh dan Kepulauan Andaman dan Nikobar melalui pembangunan infrastruktur di Sabang.

Menlu Retno dan Menlu Jaishankar berdiskusi soal penguatan kemitraan di sektor perdagangan, pariwisata, dan pendidikan sebagai implementasi Plan of Action yang dihasilkan di Aceh pada awal Desember.