Kembaran palsu Kim Jong-un ramaikan KTT di Singapura

Saat dunia menunggu KTT Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un, seorang pria tengah naik daun. Pria itu adalah "kembaran" palsu Kim.

Pria yang disebut-sebut punya kemiripan dengan Presiden Korut Kim Jong Un./ BBC

Saat dunia menunggu konferensi tingkat tinggi (KTT) Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un, seorang pria tengah naik daun. Pria itu adalah "kembaran" palsu Kim. Kehadirannya di Singapura menjadi daya tarik tersendiri.

Dia bernama Howard X dari Hong Kong. Dia adalah orang yang mirip Kim. Dia akan ikut ambil bagian di sela-sela KTT bersejarah, yang dijadwalkan pada 12 Juni mendatang.

Beberapa bulan lalu, Howard bekerja di sirkuit internasional dan tampil di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang sebagai "kembaran" Kim. Di sana, dia pernah berurusan dengan polisi karena mengibarkan bendera unifikasi di depan tim cheerleader Korut.

"Saya kembali direkrut sebuah hotel di Singapura untuk meramaikan KTT tersebut," kata Howard. Ia, imbuhnya, ingin mendorong publik berdiskusi tentang politik melalui satir.

Dia mengakui keluarganya mendukung karier barunya. "Hal pertama, mereka mengatakan 'hati-hati agar jangan dibunuh', kata Howard. Dia mengatakan ibunya juga langsung mendaftarkan Howard ke agen asuransi jiwa.

Lahir di Hong Kong, Howard tumbuh besar di Australia. Sebelumnya dia bekerja sebagai musisi. Howard mulai menjadi kembaran Kim sejak 2012.

Untuk mirip Kim,Howard juga merias wajahnya. Dia juga mencukur rambutnya agar mirip Kim. Dia juga mengenakan baju bergaya Mao dengan pin bendera Korut, serta kaca mata yang biasa digunakan Kim.

"Saya diberkati dengan wajah milik Kim," ujar Howard. "Kim Jong-un adalah presiden seumur hidup tidak seperti presiden AS. Saya akan mendapatkan keuntungan yang lama," paparnya.