Kepala UNRWA mundur di tengah penyelidikan pelanggaran

Sekjen PBB menunjuk Plt. Wakil Komisaris Jenderal UNRWA Christian Saunders sebagai penanggung jawab sementara badan tersebut.

Komisaris Jenderal UNRWA Pierre Krahenbuhl. Twitter/@PKraehenbuehl

Pada Rabu (6/11), Komisaris Jenderal Badan Pengungsi PBB untuk Palestina (UNRWA) Pierre Krahenbuhl mundur di tengah penyelidikan tuduhan pelanggaran.

Dalam pernyataannya, UNRWA mengatakan bahwa Krahenbuhl akan digantikan sampai peninjauan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen di lembaga tersebut selesai.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric menuturkan, Krahenbuhl sudah memberi tahu Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres bahwa dia akan segera mengundurkan diri. Setelah itu, Guterres segera menunjuk Plt. Wakil Komisaris Jenderal UNRWA Christian Saunders sebagai penanggung jawab sementara badan tersebut.

"Pada saat ini, sangat penting bahwa negara-negara anggota dan mitra lainnya tetap berkomitmen pada UNRWA dan layanannya," kata Dujarric.

UNRWA membantu lebih dari lima juta pengungsi di Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur, serta di Yordania, Lebanon dan Suriah. Selain itu, lebih dari satu juta warga Palestina di Jalur Gaza, yang perbatasannya dikontrol oleh Israel dan Mesir, menerima bantuan makanan dari badan PBB tersebut.