Kim Jong-un dikabarkan berada di China

Kim dikabarkan akan mengadakan pertemuan terpisah dengan Korea Selatan pada akhir April. Lalu dengan AS pada Mei.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan anggota delegasi khusus Presiden Korea Selatan dalam foto yang disiarkan Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA)./Antara Foto

Di tengah perubahan cepat keadaan di Semenanjung Korea dengan rencana pertemuan Korea Utara dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, muncul laporan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berada di China.

Dengan mengutip tiga sumber, yang dirahasiakan namanya, Bloomberg melaporkan pada Senin bahwa Kim berada di Beijing. Ini adalah perjalanan pertamanya di luar Korea Utara sejak berkuasa pada 2011.

Kunjungan belum terpastikan itu juga terjadi menjelang pertemuan puncak dengan Presiden AS Donald Trump. "Kantor kepresidenan Korea Selatan mengawasi Beijing secara saksama sambil menjaga semua kemungkinan terbuka, yang akan terjadi," kata pejabat tinggi di Seoul, yang enggan disebutkan namanya.

Peningkatan hubungan Korea Utara dengan China akan menjadi tanda baik sebelum temu puncak itu. Rincian kunjungan Kim,termasuk tujuan dan jadwalnya, belum diketahui, kata Bloomberg.

Sebelumnya, media Jepang melaporkan bahwa seorang pejabat tinggi Pyongyang muncul dengan kereta api di Beijing. Pemerintah Korea Selatan dikabarkan telah mengetahui gerakan tersebut, seperti perjalanan kereta api selama beberapa hari. Namun tidak dapat dipastikan apakah Kim atau pejabat tinggi Korea Utara lainnya yang mengunjungi China.