Kirim pasukan khusus, Kanada tutup kedutaan di Kabul

Sekitar 40.000 tentara Kanada dikerahkan di Afghanistan selama 13 tahun sebagai bagian dari misi NATO sebelum ditarik keluar pada 2014.

Foto ilustrasi / Pixabay

Seorang pejabat Kanada pada Kamis (12/8) menuturkan kepada Associated Press bahwa pemerintah akan mengirimkan pasukan khusus ke Afghanistan di mana staf di Kedutaan Besar Kanada di Kabul akan dievakuasi sebelum bangunan tersebut ditutup.

Pejabat itu, yang tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka tentang masalah ini dan berbicara dengan syarat anonim, tidak mengatakan berapa banyak pasukan khusus yang akan dikirim.

Hanya beberapa minggu sebelum Amerika Serikat dijadwalkan untuk mengakhiri perangnya di Afghanistan, pemerintahan Joe Biden juga mengirimkan 3.000 tentara baru ke bandara di Kabul untuk membantu evakuasi sebagian staf dari Kedutaan Besar AS.

Langkah-langkah tersebut menyoroti kecepatan yang menakjubkan dari pengambilalihan sebagian besar negara oleh Taliban.

Inggris pada Kamis juga mengumumkan bahwa mereka akan mengirim sekitar 600 tentara ke Afghanistan untuk membantu warga negara Inggris meninggalkan negara itu di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang situasi keamanan.