Kominfo blokir situs jual-beli 279 juta data warga RI

Kominfo menyatakan, mereka mengidentifikasi Raid Forums sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan.

Foto ilustrasi / Pixabay.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan telah memblokir Raid Forums, situs yang membocorkan 279 juta data kependudukan milik warga negara Indonesia.

Dalam pernyataan resmi di situs Kominfo, kementerian menyatakan telah mengidentifikasi Raid Forums sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia.

"Dengan demikian website tersebut, termasuk akun bernama Kotz sedang dilakukan proses pemblokiran," jelas pernyataan Kominfo.

Lebih lanjut, Kominfo menambahkan, tautan untuk mengunduh data pribadi yang tercantum di bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com juga telah diblokir.

Juru bicara Kominfo Dedy Permadi menuturkan bahwa hingga Jumat (21/5), Kominfo telah mengidentifikasi jumlah data yang lebih besar dan memperluas investigasi terhadap sekitar satu juta data yang diklaim sebagai data sampel oleh penjual.